Minggu, 29 April 2012

Mapaba PMII 2012 Jilid Satu, Menjadi Ikan Di Derasnya Aliran Sungai

Sawangan – Demi mencapai salah satu tujuan organisasinya, PMII Komisariat Fakultas Dakwah (Komfakda) menyelenggarakan proses kaderisasi Mapaba, 22-23 April lalu di Empang Bang Pacun, salah satu senior atau Mabinkom PMII Komfakda. Sesuai dengan temanya, program tersebut bertujuan untuk menciptakan kader-kader yang seimbang dzikir, fikir dan amal. Ada nuansa baru pada pengkaderisasian ini. Selain pertama kali mengadakan mapaba di kawasan pemancingan umum, pada acara ini diuji pula mentalitas para calon kader beserta panitianya.
Seperti biasa, dalam Mapaba para kader diberikan materi-materi yang bermanfaat   seperti materi wajib berupa materi Nilai Dasar Pergerakan (NDP), Ke PMII-an, dan Aswaja; peserta juga mendapat materi tambahan seperti materi Kewirausahaan, Antropologi Kampus, dan juga mendapat tambahan motivasi dari senior seklaigus motivator yang berkompeten dalam bidangnya yakni sahabat Shengky Heaven.
Kemudian, setelah semua materi selesai diberikan, pada Minggu dini hari diadakan “jurik malam”. Dengan rasa kantuk dan keadaan yang gelap gulita, peserta ditantang untuk mendatangi  pos-pos yang telah disiapkan panitia untuk menjawab pertanyaan dan mengikuti segala instruksinya. Pos-pos tersebut menjadi sarana untuk mengetes atau mereview peserta atas materi yang telah diberikan sebelumnya. Selain itu, pada pos keempat yang merupakan pos penyaluran minat dan bakat, peserta akan diarahkan untuk masuk ke berbagai Lembaga Seni Otonom (LSO) yang telah dibentuk Komfakda.
Selanjutnya pada pos kelima. mentalitas peserta diuji. Bila pada pos pertama sampai empat, banyak peserta yang masih mengantuk, pada pos inidijamin rasa kantuknya akan hilang. Setiap peserta ‘digembleng’ kesiapan dan kesungguhannya dalam mengikuti mapaba ini. Tak hanya sampai disitu, peserta beserta panitia yang menjadi penjaga pos-pos sebelumnya, juga dikomandoi untuk menceburkan dirinya ke dasar empang dengan kedalaman setengah meter.
Uji mental ini begitu penting sebagai pembelajaran bersama, mengingat dunia kampus dan sosial di sekitar kita yang semakin tidak karuan menuntut para peserta, panitia, dan semua kader Komfakda untuk meningkatkan kualitas pemikiran dan jiwanya demi menjadi “mesiah” di tengah era “jahiliah” ini.
Kemudian, sebelum prosesi pembaiatan oleh Ketua Umum PMII Cabang Ciputat. Bang Pacun sekaligus pemilik empang menyatakan bahwa berbahagialah kita dan semuanya yang dengan kerelaan hatinya bersedia meluangkan waktunya untuk mengikuti Mapaba ini. Dimana banyak teman-teman lainnya sedang tidur dan bersantai dirumah, namun disini kita rela berbasah-basahan dan bergumul di keruhnya empang serta bersama-sama semangat menuntut ilmu, pengetahuan, dan pengalaman. Disini juga kita dapat menjalin ikatan saliturahmi dengan sesama umat manusia yang sejatinya merupakan makhluk sosial. Selain itu, pelajaran yang bisa diambil dari empang adalah ikan-ikan yang berada di empang tersebut terlihat lamban, gemuk, dan lemah karena senantiasa di manjakan oleh fasilitas yang disediakan oleh pemilik empang. Namun bila dibandingkan dengan ikan di derasnya aliran sungai, terlihat perbedaan yang mencolok. Ikan di sungai tampak kokoh, anggun, dan kuat.
“Hal serupa juga dapat berlaku bagi kita. Ingin menjadi ikan di empang atau ingin menjadi ikan di sungai,” tambah mantan Ketua BEMJ KPI ini.
Dan pilihan kita untuk bergabung dengan PMII Komfakda sudah tepat. Karena kader Komfakda merupakan cerminan ikan di sungai tersebut. Dengan segala perlawanan dan diskriminasi yang dilakukan oleh oknum dekanat beserta “budak-budaknya” yakni SEMAF (BEM) Fakultas dan Jurusan, tapi kader-kader Komfakda bisa tetap vocal bergerak melawan ketidakadilan tersebut yang disertai dengan pencapaian nilai-nilai akademis yang memadai.

Selamat bergabung sahabat. Karena sesuai lirik lagu Sheila On 7 – Berlayar Denganku: Hidup bukan untuk berdiam diri.
Hidup ada untuk kita jalani.
Cobaan bukan untuk ditakuti.
Cobaan harus kita hadapi.
Bagai mengarungi lautan lepas menghadapi ombak badai..
Terus bergerak dan berkarya melawan ketidakadilan.!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar